Sabtu, 16 Desember 2017

introvert vs ekstrovert, introvert is not bad

      Gw tau sebagian besar orang sudah tau apa itu kepribadian ekstrovert dan introvert. singkatnya introvert adalah kepribadian seseorang yang cenderung lebih menutup diri, tidak mudah untuk berbaur dengan orang baru, lebih menyukai kesendirian, lebih banyak menghabiskan waktu luang di kamar untuk membaca, menulis, atau menggambar. sedangkan ekstrovert adalah kebalikan dari introvert, ekstrovert adalah pribadi yang lebih terbuka, menyukai keramaian, mempunyai antusias yang tinggi, mudah bergaul, dan justru sangat tidak menyukai kesendirian. 
         di lihat dari kesehariannya banyak orang berpandangan bahwa ekstrovert lebih baik karena mudah bersosialisasi lebih bisa mengekspresikan perasaan dengan kata-kata bisa dibilang ( pintar ngomong ) sehingga mempunyai publik speaking yang baik. nyatanya introvert mempunyai banyak kelebihan lain, kalian pasti tahu Allah menciptakan sesuatu pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. So jangan sedih atau merasa keterbelakang jika kalian mempunyai sifat introvert yang lebih dominan.

          coba kita ulas satu-persatu kelebihan dari introvert:
1. Introvert adalah seorang yang lebih menyadari banyak hal karena kebanyakan introvert adalah orang pemikir, dan sering memunculkan ide-ide kreatif ketika sedang sendiri. Tahukah kamu kalu mayoritas ilmuan, penemu, musisi, seniman, dan penulis besar adalah seorang introvert? Misalnya J.K Rowling penulis terkenal Harry Potter, Bill Gates pendiri perusahaan Microsoft, Abraham Lincoln, Albert Einstein seorang fisikawan terkenal dunia yang menemukan peneletian ketika ia menyendiri, dan masih banyak orang sukses lainnya.
2. Introvert adalah teman yang baik, ia adalah seorang pendengar yang baik, ia sangat memaknai pertemanan  dan menurutnya mempunyai teman yang sedikit tidak masalah.

3. Introvert pandai melihat risiko. Extrovert pada umumnya suka menerjang maju tanpa melihat semua potensi kegagalan. Seorang introvert secara alami memiliki sifat hati-hati dalam melangkah, berfikir jauh, dan ini terbukti penting dalam banyak aspek hidup dan bisnis.


4. Introvert tahu bagaimana bekerja di balik layar. Introvert bisa mencapai tujuannya dengan mempengaruhi orang lain secara diam-diam, slow tapi pasti, tidak harus mengumbar-umbar, atau sengaja mencari muka.


5. Introvert lebih mandiri. Seorang introvert bisa menyelesaikan pekerjaannya sendirian. Kita tidak butuh bantuan atau penonton. Introvert pandai bekerja secara mandiri dan berjaya dalam keadaan itu. Bagi introvert, grup kerja dan proyek kelompok itu lamban, inefisien, dan tidak praktis.

So jangan sedih atau merasa keterbelakang jika kalian mempunyai sifat introvert yang lebih dominan, karena introvert bisa untuk menjadi lebih hebat 😉

Tidak ada komentar:

Posting Komentar